Scammer Cinta Berkeliaran di Aplikasi Cari Jodoh

Apakah kamu adalah pengguna aplikasi cari jodoh? Atau mungkin kamu sedang ldr-an dengan orang luar negeri di medsos? Waspadalah dengan para scammer cinta! Kamu bisa saja terpedaya, tanpa sedikit pun merasa curiga.

Apa itu Scammer Cinta?

Scammer artinya adalah pelaku scam, penipuan. Istilah scammer umumnya menunjuk kepada penipuan online di internet. Ada scammer di bidang bisnis online, marketing, online shop, email, kripto, dan sebagainya.

Scammer cinta (Love Scam) adalah penipu di online yang spesialisasinya adalah memperdaya korban dengan rayuan cinta. Mereka adalah para penipu berkedok cinta, atau penipu bermodus cinta.

Oleh karena spesialisasinya adalah pendekatan cinta, maka mereka banyak berkeliaran di aplikasi kencan online, atau aplikasi cari jodoh. Masuk akal, karena di sanalah berkumpul orang-orang para pencari cinta, iya kan?

Apa Tujuan Scammer Cinta?

Walaupun namanya “scammer cinta”, atau “Love Scam” namun tujuan para scammer cinta bukanlah cinta, bukan juga seks, atau memuaskan birahi lewat chat mesum, melainkan UANG.

Kalaupun mereka mengajak calon korban untuk “buka-bukaan” di depan kamera, tapi umumnya mereka tidak tertarik secara seksual. Foto atau video itu ujung-ujungnya hanya akan mereka gunakan sebagai alat untuk memeras si calon korban di kemudian hari. Umumnya mereka akan mengancam akan menyebarluaskan foto/video itu bila uang yang mereka minta tidak kita berikan.

Mereka menghujani si calon korban dengan kata-kata manis, bersikap sopan, dan penuh perhatian. Mereka juga menjanjikan akan datang dan menikahi sang kekasih. Akan tetapi, semua itu hanya iming-iming yang tidak akan pernah terwujud, alias palsu dan bohong belaka.

Apa Ciri-ciri Scammer Cinta?

Ada beberapa ciri-ciri scammer cinta yang sudah sangat umum, karena sudah banyak sekali terjadi, seperti misalnya:

  1. Menggunakan foto profil seorang tentara Amerika, bahkan seorang berpangkat jenderal.
  2. Mengaku bekerja di perusahaan Oil & Gas yang bertugas di tengah laut.
  3. Mengaku bekerja di UN (PBB) dan akan cuti untuk datang mengunjungi kamu tetapi minta kamu mengontak managernya dan membayar uang cuti atau uang jaminan.
  4. Seorang pria muda dan ganteng yang harus membesarkan anak balitanya sendirian, karena istrinya minggat atau meninggal dunia. Dia sedang mencari istri dan kamu adalah calon istri dan mama yang terbaik.
  5. Mengaku orang UK atau USA tapi nomor teleponnya adalah kode negara Nigeria.
  6. Email atau message yang mereka kirimkan umumnya terasa template
  7. Mereka umumnya menghindari video call, dengan berbagai alasan.
  8. Percakapan yang terkesan aneh dan tidak nyambung (kita bertanya apa, dia menjawab apa)
  9. Selalu menghindari percakapan yang panjang tentang suatu topik karena mereka sudah menyiapkan jawaban-jawaban dan pertanyaan-pertanyaan tertentu.
  10. Terlalu cepat memberikan janji yang terlalu manis

Ciri-ciri di atas bahkan sangat kasat mata dan terkesan bodoh. Mereka bahkan tampak tidak berusaha membuatnya lebih meyakinkan. Mungkin karena justru yang mereka incar adalah orang-orang yang tidak bisa melihatnya. Sebab justru mereka mencari calon mangsa yang bisa dengan gampang mereka perdaya.

Ciri Scammer yang Lebih Halus

Ada juga para scammer cinta yang menggunakan cara-cara yang lebih halus dan lebih lihai. Mereka tampak serius, sangat peduli, tapi tetap saja ujung-ujungnya akan ada hubungannya dengan uang.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Kencan Agar Aman dan Berhasil

Scammer Cinta di Instagram

Banyak orang yang sudah berhati-hati ketika berkenalan di aplikasi cari jodoh. Mereka sudah tahu di sana ada banyak scammer cinta. Akan tetapi mereka kemudian kurang waspada dengan media sosial, khususnya Instagram.

Kenyataannya, para scammer cinta juga banyak berkeliaran di Instagram. Dan juga di facebook, bahkan juga di TikTok.

Cara Kerja Scammer Cinta

  1. Pada langkah awal, mereka pertama-tama akan menjaring korban secara acak dengan mengirimkan email atau DM kepada ratusan bahkan ribuan calon korban.
  2. Isi pesan ini umumnya menggunakan kata-kata template, tanpa nama.
  3. Apabila kita membalas, itu tandanya kita masuk jaring.
  4. Bila kita masuk jaring, si scammer akan melakukan pendekatan yang lebih pribadi
  5. Si dia akan membuat kita tersanjung, membangun kepercayaan, menghujani kita dengan janji-janji manis, menaburi dengan iming-iming pernikahan yang bahagia, dan membangun impian-impian indah tentang kehidupan masa depan.
  6. Ketika kita sudah bucin, logika pun akan meleleh. Pada tahap ini si scammer cinta akan menciptakan cerita drama, di mana dia berada pada posisi sulit. Dia butuh pertolongan cepat, yang nantinya akan menjadi jalan bagi dia untuk melancarkan aksi berikutnya (lihat modus-modus di bawah).
  7. Di ujung cerita drama itu adalah si scammer akan minta kita mengirimkan sejumlah uang, entah langsung atau tidak langsung kepada dia. Kita harus mengambil keputusan cepat. Sehingga kita tidak berpikir panjang lagi.

Siapa Pelaku Scammer Cinta?

Ada banyak orang yang sudah melekat dalam pikirannya bahwa para scammer cinta itu adalah orang Nigeria. Padahal tidak selalu begitu.

Belakangan karena sudah ada banyak kejadian, ada juga orang yang melabeli para penipu cinta itu adalah para bule, makanya kemudian muncul juga istilah bule scammer.

Kenyataannya para pelaku scammer cinta itu bisa orang bangsa mana saja, orang kulit hitam atau kulit putih, dari negara miskin maupun negar maju, bahkan tidak sedikit juga yang sebenarnya orang kita juga.

Scammer Cinta Banyak Berkeliaran di Aplikasi Jodoh Luar

Ada banyak kejadian penipuan berkedok cinta yang pelaku dan korban berkenalan lewat aplikasi cari jodoh luar negeri. Mengapa demikian?

Pertama, mungkin karena “pasarnya” lebih besar dan luas. 

Penyebab yang kedua, mungkin karena para scammer itu paham bahwa ada banyak orang kita yang tergila-gila atau bermimpi mendapat jodoh orang luar negeri, sehingga akan lebih mudah menjaring dan memperdaya orang yang memiliki mimpi-mimpi itu. 

Dan yang ketiga, karena pelaku kejahatan yang melakukannya secara online dari luar negeri atau dari negara berbeda, akan sulit terlacak.

Modus-modus Scammer Cinta

Modus Terkena PHK

Mungkin si dia bercerita bahwa dia terkena PHK, lalu mengalami kesulitan keuangan dan minta pinjam uang sama kamu. Mungkin juga dia bercerita bahwa dia tidak punya orang tua lagi, dan dia tidak punya siapa-siapa. Sebelumnya dia punya girlfriend atau istri, tapi si wanita itu membawa kabur semua uang dan tabungannya. Atau dia mengaku seorang imigran di negara itu dan tidak bisa melapor ke polisi atau minta bantuan kepada siapa pun juga.

Pokoknya dia tidak punya siapa-siapa. Hanya kamu yang menolong. Tujuannya tentu saja supaya kamu merasa kasihan. Terlebih lagi karena si dia memberikan janji akan datang dan menikahi kamu. Dan bahwa ketika dia sudah sukses, dia akan mengganti uangmu dan kalian akan hidup bahagia selama-lamanya.

Modus Terjebak di Kantor Imigrasi

Ada banyak juga scammer yang berkata bahwa dia sudah dalam perjalanan untuk datang ke Indonesia untuk mengunjungi kekasihnya. Sebagai tanda bukti, dia akan mengirimkan foto tiket pesawat yang dia beli dan tanggal keberangkatannya.

Akan tetapi ketika dalam perjalanan, kemudian sesuatu terjadi, ia tertahan di kantor imigrasi di airport. Paspor dan visanya bermasalah, atau apa gitu di airport ketika transit atau ketika sudah tiba di airport di kota sang kekasih. Lalu seseorang dari komplotannya yang mengaku dari petugas imigrasi menelefon si kekasih untuk membayar sejumlah uang, agar si dia bisa bebas dan datang menemui si jantung hatinya. Yang tentu saja ketika dia sudah mendapatkan uang itu, sang kekasih mendapat kenyataan bahwa itu hanya bohong belaka.

Modus Membangun Bisnis Bersama di Indonesia

Ada juga yang memberikan iming-iming bahwa dia akan pindah ke Indonesia dan membangun bisnis di Indonesia, dan tentu saja itu untuk masa depan kamu dan dia. Untuk itu dia katanya mengirimkan kamu uang dalam jumlah ratusan juta rupiah untuk bisnis itu. Atau dia meminta kamu membuka rekening bank baru untuk keperluan bisnis kalian itu.

Tetapi kemudian sesuatu terjadi. Uang itu tertahan di bank. Lalu ada seseorang dari bank bersangkutan yang meminta kamu mengirimkan sejumlah uang ke suatu rekening bank tertentu sebagai jaminan atau tebusan, agar rekening itu terbuka lagi.

Dia akan meyakinkan kamu bahwa dia uang yang kamu kirimkan itu akan terganti begitu uang yang dia transfer itu cair dan masuk ke rekening kamu itu.

Modus Kecopetan dalam Perjalanan Bisnis

Ada juga yang menggunakan modus di mana dia melakukan perjalanan bisnis antar negara. Dia beritahu kamu hari itu. Lalu dia menghilang satu-dua hari.

Kamu panik, khawatir dan bertanya-tanya. Kemudian dia muncul, menghubungi kamu dan cerita bahwa dia tidak bisa menghubungi kamu karena dia kecopetan, pasport dan Kartu Kredit dan Kartu ATMnya semua hilang, tinggal kamu satu-satunya harapan. Hanya nomor/email kamu yang dia ingat. Hanya kamu yang bisa menolong. Jadi dia minta tolong dulu, bayarin kamar hotelnya untuk menginap.

Dia sudah minta tolong sama manager hotel itu untuk menghubungi kamu. Lalu seseorang dari hotel itu, entah manager atau istri si manager hotel, menelepon kamu, untuk mentransfer uang ke rekening tertentu. Tentu saja orang itu adalah komplotannya juga.

Modus Tentara Amerika

Ada juga scammer cinta yang mengaku sebagai tentara Amerika yang bertugas di wilayah konflik dan berbahaya. Dia akan datang di cuti berikutnya untuk mengunjungi kamu.

Dia mau kirim dokumennya dan uangnya untuk keperluan cuti itu kepada kamu. Tapi ketika hari itu datang, ternyata terjadi masalah. Komandannya menghubungi kamu, minta tolong kamu mentransfer uang itu dulu. Kamu tidak bisa menghubungi dia karena dia sedang berperang. Pokoknya pret banget dah. Tapi karena kamu sudah merasa tersanjung karena dia sudah memperkenalkan kamu kepada komandannya, maka kamu tidak bisa berpikir logis lagi.

Modus Dokter PBB/UNHCR

Ada juga yang mengaku seorang dokter yang menjadi relawan di wilayah konflik, dia tidak bisa pulang ke negaranya, karena tidak ada pesawat lagi. Dia akan meminta kamu membooking tiket pesawat untuk dia. Dia minta kamu transfer kepada travel agency, yang tentu saja komplotannya juga.

Modus Kirim Paket

Penipuan dengan modus kirim paket terdengar modus yang sangat kentara dan sudah sangat umum, tetapi kenyataannya masih banyak juga yang terkena tipu.

Jadi, si dia akan mengatakan bahwa dia akan mengirimkan kamu paket berisi hadiah-hadiah mahal dan di dalamnya dia selipkan uang 10k atau 20k USD. Atau berapalah jumlahnya. Pokoknya jumlahnya itu akan membuat kamu berjoget tikt*k.

Dia mungkin bahkan mengirimi kamu foto dia sedang di agen pengiriman, menunjukkan resi berisi nama dan alamat kamu. Dan kemudian juga memberikan website di mana kamu bisa melacak perjalanan paket itu. Tentu saja semuanya palsu.

Beberapa hari kemudian, seseorang akan menelepon kamu meminta bayar bea cukai, pajak, atau apa gitu yang jumlahnya bisa jutaan rupiah.

Modus Investasi / Donasi

Ada juga yang mengajak atau mengajari kamu berinvestasi valuta asing, kripto atau bitcoin, dan sebagainya, atau meminta kamu ikut membantu anak-anak terlantar, menjadi donatur bagi korban perang, dsb. 

Modus Transfer Uang dari Luar Negeri

Ada juga scammer cinta yang menggunakan modus penipuan transfer uang dari luar negeri. Jadi si bule penipu itu menjanjikan kepada pacar onlinenya bahwa dia akan mengirim sejumlah uang. Tentu saja sang kekasih online akan senang.

Kemudian seseorang akan menelefon si kekasih online dan menginformasikan abhwa Anda dapat kiriman uang dari luar negeri. Tetapi uang itu tidak bisa dicairkan karena bla bla bla dan Anda harus membayar biaya apa dulu. Namun ketika si pacar sudah mengirimkan uang itu, tentu saja si scammer dan penelefon itu tidak bisa dihubungi lagi.

Untuk mencegah penipuan kirim uang luar negeri, kamu bisa meminta si bule mengirim lewat aplikasi pengiriman uang dari luar negeri.

Kalau dia benar mengirimkan uang, uang itu akan langsung masuk ke rekening kamu dengan tanpa masalah.

Intinya cuma satu: UUD

UUD itu bukan undang-undang dasar, melainkan singkatan dari Ujung-Ujungnya Duit. Uang!

Apa pun ceritanya, janji-janji manisnya, pada akhirnya yang mereka inginkan sebenarnya hanyalah uang kita.

  1. Jadi, semanis apa pun kata-katanya, ingat: dia itu hanya penipu. 
  2. Gak usah heran setengah mati, kok bisa-bisanya orang seganteng itu bisa menipu? 
  3. Ya bisalah. Gak udah capek-capek mikirin. 
  4. Dan jangan mengira yang Namanya scammer ini hanya para bule. Banyak juga yang orang lokal.

Video: Hati-hati! Banyak scammer cinta di medsos!

1 thought on “Scammer Cinta Berkeliaran di Aplikasi Cari Jodoh”

  1. Pingback: Penipuan Bule Kirim Paket Banyak Berkeliaran di Aplikasi Kencan, Begini Cara Hadapi! - Kian Amorette

Comments are closed.

Scroll to Top